Ringkasan + Audio: Kajian rutin Kitab Shohih Asyrotis Sa’ah – Ustadz Abdullah Amin

Bismillah,

> Kaum yang sholat tapi tidak memiliki agama / tidak memiliki iman

Melanjutkan pertemuan sebelumnya, pada kajian kali ini ustadz membacakan dan menjelaskan hadits kedua dan ketiga tentang tanda kiamat: kaum yang sholat sedangkan ia tidak beriman / munafik.
2. Hadits dari Ibnu Umar:
“Akan datang kepada manusia zaman orang berkumpul untuk sholat di dalam masjid dimana orang tersebut tidak memiliki iman” (HR. Ibnu Abi Syaibah dalam kitab al-Iman)
Artinya seluruh isi masjid munafik dan shalat.

3. Hadits dari Hudhaifah:
“Akan datang kepada manusia zaman dimana seandainya dilemparkan busur di saat shalat jum’at tidaklah mengenainya kecuali orang kafir” (HR. Ibnu Syaibah).
Maksudnya jika dilemparkan panah secara acak, tidaklah mengenainya orang kecuali orang tersebut kafir artinya bahwa pada masa itu

> Tampaknya/ tersebarnya zina

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ لَأُحَدِّثَنَّكُمْ حَدِيثًا لَا يُحَدِّثُكُمْ أَحَدٌ بَعْدِي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ أَنْ يَقِلَّ الْعِلْمُ وَيَظْهَرَ الْجَهْلُ وَيَظْهَرَ الزِّنَا وَتُشْرَب الخَمْرُ وَتَكْثُرَ النِّسَاءُ وَيَقِلَّ الرِّجَالُ حَتَّى يَكُونَ لِخَمْسِينَ امْرَأَةً الْقَيِّمُ الْوَاحِدُ

Dari Annas bin Malik:
“Sesungguhnya aku akan mengkhabarkan sebuah hadits yang tidak akan disampaikan orang lain setelahku, aku mendengar rosulullah bersabda, ‘Diantara tanda hari kiamat adalah semakin sedikitnya ilmu, dan tampaknya kebodohan, tampaknya zina, semakin banyaknya wanita, semakin sedikitnya laki-laki, sampai terjadi 50 orang wanita yang diurusi oleh 1 orang (laki-laki)” (HR. Bukhari & Muslim)

Ilmu yang dimaksud dalam hadits ini adalah ilmu agama, dan kebodohan yang dimaksudkan adalah kebodohan tentang ilmu agama.
Tentang sedikitnya lelaki, ulama’ menjelaskan:
– Ketika akhir zaman kecenderungan memiliki anak perempuan lebih banyak dibandingkan kelahiran anak laki-laki.
– Terjadinya perang dan menjadikan banyak terbunuhnya lelaki.

> Tampaknya zina di jalan
1. Dari Abu Hurairah menceritakan, rasulullah bersabda:
“Demi yang jiwaku di tanganNya, tidak akan musnah umat ini sampai datang laki-laki ke wanita dan menzinainya di jalan dan orang yang terbaik di hari itu adalah yang berkata: ‘Seandainya kau menzinainya di balik tembok ini'” (HR. Abu Ya’la)

2. Dari Abdullah bin ‘Amr berkata, rasulullah bersabda:
“Tidak akan tegak hari kiamat sampai orang melakukan zina di jalan-jalan seperti keledai yang kawin” saya katakan “Apakah itu benar-benar terjadi?” Rosulullah bersabda, “Ya, benar-benar akan terjadi”. (HR. Ibnu Hibban).

@Masjid Imam Muslim – Kediri.
6 Maret 2018.

Untuk mendengarkan audio kajian silahkan klik play di bawah ini:

Untuk download audio kajian silahkan klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *